Educational Software Directory

5 Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Guru

5 Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Guru – Semenjak Virus corona menyebar pada bulan Maret, seluruh sekolah diliburkan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Bermacam konsep penataran mulai disusun oleh sekolah serta guru-guru.

5 Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Guru

educational-software – Semua bagian sekolah( guru, anak didik, orangtua) dituntut buat inovatif serta menjajaki penataran berplatform daring. Walaupun kita ketahui banyak hambatan pada cara penataran itu, semacam fitur yang tidak support, uraian hal teknologi itu sendiri ataupun aplikasi yang dipakai buat penataran.

Melansir laman smkn1liang, Berikut ini rekomendasi buat para guru dalam membereskan penataran daring sepanjang pandemi Covid-19:

Baca juga : 6 Aplikasi Terbaik untuk Mempelajari Bahasa Rusia

1. Google

Siapa yang tidak ketahui google, mesin pelacak yang sedemikian itu banyak mempunyai program menarik ini pantas kita coba selaku pengganti penataran daring, paling utama fitur Google Form, fitur ini sediakan bermacam template buat kebutuhan dalam aspek pembelajaran, semacam evaluasi, tes, lembar kegiatan ataupun penilaian penataran. Pembuatannya juga amat gampang, kita cuma butuh mempunyai akun gmail serta dapat langsung membuat google form yang diperlukan.

Orangtua serta anak didik juga lumayan gampang buat memakai google form yang telah kita untuk, lumayan kirim link form ke whatsapp, hingga orangtua serta anak didik bermukim klik link itu kemudian hendak ditunjukan ke laman google form.

2. Kahoot!

Kahoot ialah aplikasi fasilitator tes ataupun game daring buat seluruh golongan. Bentuknya yang segar serta sesuai buat kanak- kanak menghasilkan aplikasi ini pantas dicoba oleh para guru dalam membuat tes daring. Kahoot bisa dipakai mengenakan browser ataupun mendownload tipe mobile- nya di playstore.

Guru bermukim catatan bila belum mempunyai akun, kemudian dapat langsung membuat tes cocok dengan keinginan. Orangtua serta anak juga tidak sedemikian itu susah buat mengakses tes yang telah kita untuk, sebab esok guru hendak menemukan link tes daring setelah itu orangtua serta anak didik lumayan klik link- nya, hingga bentuk tes hendak timbul pada browser di hp mereka.

Kahoot pula mempraktikkan sistem pertandingan, alhasil para partisipan hendak diurut bersumber pada nilai yang mereka bisa.

3. Quizizz

Tidak berlainan jauh dengan kahoot, aplikasi quizizz juga sediakan layanan tes daring yang mengasyikkan untuk anak. Aplikasinya dapat kita bisa di playstore.

Pemakaian quizizz lumayan gampang, guru mencatat semacam lazim, setelah itu membuat tes cocok keinginan, bila telah berakhir guru bisa memberikan link tes pada orangtua serta anak didik. Bentuk quizizz amat friendly untuk anak, ditambah dengan suara kerangka yang enerjik. Aplikasi ini pantas dicoba oleh para guru.

4. Youtube

Sepanjang penataran jarak jauh, pastinya guru tertahan dalam mengantarkan modul. Alhasil modul yang seharusnya telah berakhir, terdesak dipending karna tidak terjalin lihat wajah antara guru dengan anak didik.

Tetapi janganlah takut, guru sedang dapat mengantarkan modul didik meski dari rumah dengan metode merekam serta mengunggahnya ke youtube, mengapa wajib diunggah ke youtube?

Sebab film penyampaian modul tentu hendak menyantap lama yang lumayan lama serta dimensi file yang besar, alhasil dengan mengunggahnya ke youtube, orangtua serta anak didik lumayan diberi link serta bisa menontonnya bila saja tanpa menghabiskan ingatan telepon.

5. Computer Based Test( CBT)

Web ataupun aplikasi CBT kayaknya pantas dicoba oleh sekolah- sekolah dengan pangkal energi yang mensupport buat buatnya. Walaupun pembuatan CBT ini lumayan kompleks, sebab membutuhkan bahasa pemograman ataupun komputasi, tetapi kala telah jadi, sekolah bisa memakainya buat kebutuhan tes daring. CBT pula jadi aplikasi yang digunakan oleh penguasa dalam bagan uji CPNS.

Baca juga : 10 Aplikasi Belajar Desain Grafis di Android

Seperti itu bermacam rujukan yang dapat digunakan oleh guru serta sekolah dalam mendukung penataran jarak jauh sepanjang endemi Covid- 19. Bila terdapat yang mempunyai rujukan lebih, silahkan catat di kolom pendapat, supaya kita silih memberi buat perkembangan pembelajaran Indonesia.